MEXMA FPIK UB

Marine Resources Exploration and Management Research Group

(Indonesia) Pelatihan Keamanan Pangan Bagi UKM Kerupuk Ikan di Kecamatan Ujungpangkah- Gresik

10 - 01 - 2015 admin News

Desa Pangkahkulon Kecamatan Ujungpangkah Kabupaten Gresik telah menjadi mitra binaan Universitas Brawijaya sejak tahun 2017. Berdasarkan hasil kegiatan pemetaan potensi desa yang didanai dengan Program Doktor Mengabdi Universitas Brawijaya tahun 2017 dan 2018, jumlah UKM produk perikanan mencapai 98 UKM/IRT. UKM tersebut mayoritas merupakan IRT kerupuk ikan yaitu sebanyak 67 UKM. Salah satu permasalahan yang dihadapi oleh UKM kerupuk ikan salah satunya adalah kurangnya pemahaman tentang keamanan pangan.

Untuk itu, melalui Program Pengembangan Desa Mitra (PPDM) yang dilaksanakan oleh  3 orang Dosen FPIK UB yaitu M. Arif Zainul Fuad, M.Sc. Feni Iranawati, Ph.D, dan Dr. Hartati Kartikaningsih salah satu kegiatannya adalah Penyuluhan Keamanan  Pangan & Tata cara Penyelenggaraan Sertifikasi Produksi Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT). Kegiatan ini didanai oleh Kementerian RistekDikti tahun anggaran 2019 melalui program Hibah Pengabdian Masyarakat PPDM.  Penyuluhan ini dilaksanakan pada tanggal 8 Agustus 2019 di Balai Desa Pangkahkulon. Peserta kegiatan ini adalah dari UKM, PKK, dan Perangkat Desa dengan total peserta sebanyak 30 orang. Narasumber yang diundang adalah dari Dinas Kesehatan Kabupaten Gresik, yaitu Bapak M.  SYA’I, S.T.M.M selaku Kepala Seksi alat kesehatan. Ada dua topik yang di sampaikan selama kurang lebih 3 jam. Topik tersebut adalah Penerapan Higiene dan Sanitasi Pengolahan Pangan & Tata cara Penyelenggaraan Sertifikasi Produksi Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT).

Dengan adanya penyuluhan ini diharapkan nantinya produk olahan yang dihasilkan oleh peserta penyuluhan dapat memenuhi standart yang ditetapkan oleh pemerintah melalui Perka BPOM No HK.03.1.23.04.12.2206 Tahun 2012 tentang Cara Produksi Pangan Yang Baik Untuk Industri Rumah Tangga (CPPB-IRT).